5
Selasa, 31 Juli 2012

Pengertian dan Proses Fotosintesis disertai gambar

            Ass. selamat malam bagi pembaca Biologi asyik feat fkip, n moga sehat selalu. baiklah pada malam hari ini, atau tepatnya bulan romadhan, saya akan memposting  tentang, pengertian, jenis-jenis  dan proses fotosintesis. kita semua pasti tahu, bahwa tumbuhan adalah produsennya mahluk hidup, kalau gax salah, heheh. karena rantai makan pasti diawali oleh tumbuhan. manusia dan hewan hanya sebagai pemakai atau disebut juga dengan konsumen. btul gax ya,, heheh,  Okey kita langsung aja ya,,,


Fotosintesis adalah proses pembuatan energi atau zat makanan/glukosa yang berlangsung atas peran cahaya matahari (photo = cahaya, synthesis = proses pembuatan/pengolahan) dengan menggunakan zat hara/mineral, karbon dioksida dan air. Makhluk hidup yang mampu melakukan fotosintesis adalah tumbuhan, alga dan beberapa jenis bakteri. Fotosintesis sangat penting bagi kehidupan di bumi karena hampir semua makhluk hidup bergantung pada energi yang dihasilkan oleh proses fotosintesis

Fungsi Foto sintesis

Fungsi Fotosintesis sebagai berikut:
  1. Fungsi utama fotosintesis untuk memproduksi zat makanan berupa glukosa. Glukosa menjadi bahan bakar dasar pembangun zat makanan lainnya, yaitu lemak dan protein dalam tubuh tumbuhan. Zat-zat ini menjadi makanan bagi hewan maupun manusia. Oleh karena itu, kemampuan tumbuhan mengubah energi cahaya (sinar matahari) menjadi energi kimia (zat makanan) selalu menjadi mata rantai makanan.
  2. Fotosintesis membantu membersihkan udara, yaitu mengurangi kadar CO2 (karbon dioksida) di udara karena CO2 adalah bahan baku dalam proses fotosintesis. Sebagai hasil akhirnya, selain zat makanan adalah O2 (Oksigen) yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan.
  3. Kemampuan tumbuhan berfotosintesis selama masa hidupnya menyebabkan sisa-sisa tumbuhan yang hidup masa lalu tertimbun di dalam tanah selama berjuta-juta tahun menjadi batubara menjadi salah satu sumber energi saat ini.

Proses Fotosintesis

      Tumbuhan bersifat autotrof. Autotrof artinya dapat mensintesis makanan langsung dari senyawa anorganik. Tumbuhan menggunakan karbon dioksida dan air untuk menghasilkan gula danoksigen yang diperlukan sebagai makanannya. Energi untuk menjalankan proses ini berasal dari fotosintesis. Berikut ini adalah persamaan reaksi fotosintesis yang menghasilkan glukosa:



Glukosa dapat digunakan untuk membentuk senyawa organik lain seperti selulosa dan dapat pula digunakan sebagai bahan bakar. Proses ini berlangsung melalui respirasi seluler yang terjadi baik pada hewan maupun tumbuhan. Secara umum reaksi yang terjadi pada respirasi seluler berkebalikan dengan persamaan di atas. Pada respirasi, gula (glukosa) dan senyawa lain akan bereaksi dengan oksigen untuk menghasilkan karbon dioksida, air, dan energi kimia.

Tumbuhan menangkap cahaya menggunakan pigmen yang disebut klorofil. Pigmen inilah yang memberi warna hijau pada tumbuhan. Klorofil terdapat dalam organel yang disebut kloroplas.klorofil menyerap cahaya yang akan digunakan dalam fotosintesis. Meskipun seluruh bagian tubuh tumbuhan yang berwarna hijau mengandung kloroplas, namun sebagian besar energi dihasilkan di daun. Di dalam daun terdapat lapisan sel yang disebut mesofil yang mengandung setengah juta kloroplas setiap milimeter perseginya. Cahaya akan melewati lapisan epidermis tanpa warna dan yang transparan, menuju mesofil, tempat terjadinya sebagian besar proses fotosintesis. Permukaan daun biasanya dilapisi oleh kutikula dari lilin yang bersifat anti air untuk mencegah terjadinya penyerapan sinar Matahari ataupun penguapan air yang berlebihan.
Fotosintesis pada alga dan bakteri

Alga terdiri dari alga multiseluler seperti ganggang hingga alga mikroskopik yang hanya terdiri dari satu sel. Meskipun alga tidak memiliki struktur sekompleks tumbuhan darat, fotosintesis pada keduanya terjadi dengan cara yang sama. Hanya saja karena alga memiliki berbagai jenis pigmen dalam kloroplasnya, maka panjang gelombang cahaya yang diserapnya pun lebih bervariasi.Semua alga menghasilkan oksigen dan kebanyakan bersifat autotrof. Hanya sebagian kecil saja yang bersifat heterotrof yang berarti bergantung pada materi yang dihasilkan oleh organisme lain.
Proses Fotosintesis. [Sumber Referensi : Wikipedia dan Tertpopulerdotnet]

Tumbuhan membutuhkan sinar matahari, air, dan udara untuk membuat makanannya sendiri. Setiap hari, zat hijau daun pada daun tanaman menyerap cahaya matahari. Tumbuhan memanfaatkan cahaya matahari menjadi karbon dioksida dari udara, dan air dari tanah menjadi makanan yang mengandung gula. Tumbuhan lalu mengeluarkan oksigen sebagai hasil yang tidak terpakai, walaupun sebagian digunakan untuk bernapas. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut.

Proses atau Reaksi fotosintesis ada dua

1. Reaksi terang
Berlangsung di dalam membran tilakoid di grana. Grana adalah struktur bentukan membran tilakoid yang terbentuk dalam stroma, yaitu salah satu ruangan dalam kloroplas. Di dalam grana terdapat klorofil, yaitu pigmen yang berperan dalam fotosintesis. Reaksi terang di sebut juga fotolisis karena proses penyerapan energi cahaya dan penguraian molekul air menjadi oksigen dan hidrogen.

Berlangsung di dalam stroma. Reaksi yang membentuk gula dari bahan dasar CO2 yang diperoleh dari udara dan energi yang diperoleh dari reaksi terang.
Tidak membutuhkan cahaya matahari, tetapi tidak dapat berlangsung jika belum terjadi siklus terang karena energi yang dipakai berasal dari reaksi terang.
Ada dua macam siklus, yaitu siklus Calin-Benson dan siklus hatch-Slack. Pada siklus Calin-Benson, tumbuhan menghasilkan senyawa dengan jumlah atom karbon tiga, yaitu senyawa 3-fosfogliserat. Siklus ini dibantu oleh enzim rubisco. Pada siklus hatch-Slack, tumbuhan menghasilkan senyawa dengan jumlah atom karbon empat. Enzim yang berperan adalah phosphoenolpyruvate carboxylase.
produk akhir siklus gelap diperoleh glukosa yang dipakai tumbuhan untuk aktivitasnya atau disimpan sebagai cadangan energi.




48 komentar:

pemeliharaan mesin mengatakan...

keren

parking mengatakan...

bagus

armstrong indonesia mengatakan...

mantap

motivator indonesia mengatakan...

salam kenal

rumah dijual di jakarta selatan mengatakan...

semoga bermanfaat

jantung koroner mengatakan...

tips yang bagus

Rendy Desrullah mengatakan...

okey,,, maksih atas kunjungan,,, jangan bosan-bosan berkunjung

Try Out Online mengatakan...

Terimakasih gan atas infonya ..

monggo ikuti kompetisi cerdas cermat online se-jawa timur seri 2

Try Out Online mengatakan...

makasih ya gan...
habis baca ini trus blajar di gameforsmart...

Rendy Desrullah mengatakan...

okey,, thx sarannya

Jun Kurniawan mengatakan...

sangat membantu. thanks

Midori Ann Chan mengatakan...

Bagus dech.... Tapi kek 'a mcih ad yg kurang?

Anonim mengatakan...

bagus gan,tapi kurang gambar tuh,jadi agak kurang menarik,terima kasih :)

reynaldi sucianto mengatakan...

ijin kopas bro

Rendy Desrullah mengatakan...

okey,, :-)

Najmuddin Najja mengatakan...

Salam dunia pendidikan.....

Rendy Desrullah mengatakan...

salam,,

syaif1989 mengatakan...

sangat membantu sekali.... thanks

Anonim mengatakan...

Thanks ya bung

Saswin Usman mengatakan...

Thanks for the article

Rendy Desrullah mengatakan...

okey sama..,.. jangan bosan2 berkunjung

adam hernanda mengatakan...

keren blog nya mas

adam hernanda mengatakan...

keren blog nya mas

Rendy Desrullah mengatakan...

okey mas,, thx telah berkunjung

Anonim mengatakan...

ini gak ada cara matiin lagunya? dear admin....

Rendy Desrullah mengatakan...

ada dear anonim,,,, clic mute di volume pc ya aja,,, heheheh

ELtar mengatakan...

This GOOOOOOOOOOOOOOOOOOODDDDDDDD

Pelajar mengatakan...

Terimakasih ,.,. kak ini artikel bermanfaat sekali.,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Rendy Desrullah mengatakan...

okey sama2,, jangan bosan2 berkunjung

Rendy Desrullah mengatakan...

okey sama2,, jangan bosan2 berkunjung

maria silalahi mengatakan...

bagus

ahmad hubaeb mengatakan...

terima kasih banyak atas ilmu yang anda bagikan.....
semoga ilmu ini bermanfaat bagi sy khususnya dan bagi umat manusia umumnya......

andi kurniawan mengatakan...

terimakasih mas artikel ini sangat bermanfaat tapi sepertinya kurang gambar mas,,,,, mohon maaf bila ada salah kata mas

Anonim mengatakan...

Mantap informasinya mas...!!:)

DESI ALDILASARI- mengatakan...

desialdilasari@apps.ipb.ac.id
http://desialdilasari.student.ipb.ac.id
http://ipb.ac.id

Rendy Desrullah mengatakan...

Thx

Rendy Desrullah mengatakan...

Okey. . Thx

Rendy Desrullah mengatakan...

Okey... Thx... Saya akn usahakan menambh gambrnya

Rendy Desrullah mengatakan...

Okey,, thx

Rendy Desrullah mengatakan...

Thx...

MUHAMMAD RIZKY -KOSASIH mengatakan...

infonya sangat bermanfaat...
http://mrk.student.ipb.ac.id/

Wahyuni Isfa Aulia mengatakan...

Terima kasih informasinyaa :)

sree mengatakan...

3mksh informasinya. Salam knl

shreeey mengatakan...

3mksh informasihnya. Salam kenal

Anonim mengatakan...

sae euy, mangga so di ser

Kubus Kecil mengatakan...

semoga artikelnya bermanfaat..

Anonim mengatakan...

mas mohon ijin untuk mengkopinya ,buat keprluan anak..thx

Rendy Desrullah mengatakan...

okey mas,,, lanjut :-)

Poskan Komentar

Saya senang bila anda memberikan kritik dan SARAN kpd saya supaya, blog saya lebih berbobot dan lebih bermakna bagi pembaca
TERIMAKASIH telah berkunjung. see you again

 
;