pengertian BATANG ( Caulis ) disertai gambar

2:41:00 PM

Batang merupakan bagian tubuh tumbuhan yang amat penting dan merupakan tempat serta kedudukan batang bagi tubuh tumbuhan. Batang dapat disamakan dengan sumbu tubuh tumbuhan.
Pada umumnya batang mempunyai sifat – sifat berikut :
a)      Umumnya berbentuk panjang bulat seperti silinder atau dapat pula mempunyai bentuk lain, akan tetapi selalu bersifat aktinomorf, artinya dapat dengan sejumlah bidang dibagi menjadi dua bagian yang setangkup.
b)      Terdiri atas ruas – ruas yang masing – masing dibatasi oleh buku – buku, dan pada buku – buku inilah terdapat daun.
c)       Tumbuhnya biasanya keatas, menuju cahaya  bersifat fototrop/ heliotrop.
d)      Selalu bertambah panjang diujungnya. Sehingga disebut batang mempunyai pertumbuhan yang tidak terbatas.
e)      Mengadakan percabangan dan selama hidupnya tumbuhan tidak digugurkan, kecuali kadang – kadang cabang atau ranting yang kecil.
f)       Umumnya tidak berwarna hijau, kecuali tumbuhan yang umurnya pendek. Misalnya rumput dan waktu batang masih muda.

Ø  Mendukung bagian – bagian tumbuhan yang ada diatas tanah, yaitu : daun, bunga dan buah.
Ø  Dengan percabangannya memperluas asimilasi.
Ø  Jalan pengangkutan air dan zat – zat makanan dari bawah keatas dan jalan pengangkutan hasil – hasil asimilasi dari atas kebawah.
Ø  Menjadi tempat penimbunan zat – zat makanan cadangan.

pengertian batang
  1. Tumbuhan yang tidak berbatang ( plantacaulis )                                                                                             tumbuhan yang benar tidak berbatang sesungguhnya tidak ada, hanya tampaknya saja tidak ada karena batang amat pendek, sehinng semua daunnya seakan – akan keluar dari bagian atas akarnya dan tersusun rapat satu sama lain merupakan suatu roset ( rosula ). Misalnya pada sawi ( Brassica jruncea ), lobak (Raphanus sativus ).

tumbuhan tidak berbatang
  • b)  Tumbuhan yang jelas berbatang
    batang basah, batang berkayu, batang rumput, batang mendong
    1. Batang basah (herbaceus), yaitu batang yang lunak dan berair. Misalnya pada bayam ( Amaranthus spinosus ).
    2.  Batang berkayu (lignosus), yaitu batang biasa keras dan kuat, karena sebagian besar terdiri atas kayu yang terdapat pada pohon – pohon (arbores) dan semak – semak ( frutices ) pada umumnya.
    3. Batang rumput (calmus), yaitu batang yang tidak keras, mempunyai ruas – ruas yang nyata dan seringkali berongga. Misalnya pada padi (Oriza sativa) dan rumput ( Gramineae).
    4. Batang mendong ( calamus ), seperti batang rumput tetapi ruas – ruasnya lebih panjang. Misalnya pada mendong (Fimbistylis globusa ).


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Atep Tamudin
AUTHOR
May 6, 2014 at 5:18 PM delete

thank you for information

Reply
avatar

Saya senang bila anda memberikan kritik dan SARAN kpd saya supaya, blog saya lebih berbobot dan lebih bermakna bagi pembaca
TERIMAKASIH telah berkunjung. see you again EmoticonEmoticon